Sabtu, 19 Desember 2009

Ringkasan Materi

A. Pengertian Menulis
Menulis merupakan suatu keterampilan berbahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara tidak langsung, tidak secara tatap muka dengan orang lain. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Menulis ialah menurunkan atau melukiskan lambang-lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami oleh seseorang, sehingga orang-orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut kalau mereka memahami bahasa dan gambar grafik itu.
B. Fungsi dan Tujuan Menulis
Fungsi utama dari menulis adalah sebagai alat komunikasi yang tidak langsung. Menulis sangat penting bagi pendidikan karena memudahkan para pelajar berfikir.
Tujuannya adalah tulisan dapat membantu kita menjelaskan pikiran-pikiran kita.
C. Ragam Tulisan
1. Narasi
Narasi adalah jenis karangan yang menceritakan rangkaian peristiwa atau pengalaman berdasarkan urutan waktu (kronologis).
2. Deskripsi
Deskripsi adalah jenis karangan yang melukiskan atau menggambarkan suatu objek apa adanya, sehingga pembaca ikut juga merasakan, mengalami, melihat, dan mendengar apa yang ditulis si pengarang itu.
3. Eksposisi
Eksposisi adalah jenis karangan yang bertujuan menambah pengetahuan pembaca dengan cara memaparkan informasi secara aktual.
4. Argumentasi
Argumentasi adalah jenis karangan yang bertujuan mempengaruhi pembaca dengan bukti-bukti, alasan, atau pendapat yang kuat, sehingga gagasan yang dikemukakan penulis dapat diyakini/dipercaya oleh pembaca.

D. Hal-hal yang Perlu di Perhatikan dalam Kegiatan Tulis-menulis
1. Paragraf
Paragraf atau alinea adalah seperangkat kalimat yang membahas suatu topik atau hanya mengacu pada satu gagasan pokok. Jadi, suatu paragraf tidak bolah mengandung dua topik.
2. Kerangka Karangan
Kerangka karangan adalah outline sebuah karangan yang sudah diatur secara sistematis, lengkap, menyeluruh, dan mencakup semua hal yang akan dikemukakan.
3. Langkah-langkah Menyusun Kerangka
a. Catat semua ide
b. Seleksi ide-ide secara tepat
c. Urutkan ide-ide secara tepat
d. Kelompokkan ide-ide yang berdekatan pada suatu heading
e. Langkah seleksi sudah dikerjakan
4. Pengembangan Kerangka Karangan
a. Pendahuluan bersifat menjelaskan dan mendorong
Usahakan agar kalimat-kalimat utama pada bagian memikat hati pembaca sehingga ia ingin lebih banyak mengetahui apa yang diuraikan pada bagian karangan selanjutnya.
b. Batang tubuh sebagai isi karangan
Batang tubuh merupakan karangan yang sebenarnya. Di dalamnya terdapat segala sesuatu yang berhubungan dengan masalah yang dikemukakan.
c. Bagian penutup
Ada tiga sifat dari bagian penutup ini. Pertama, sebagai rangkuman (summary) dari apa yang sudah diuraikan pada batang tubuh. Bentuk lain yang kedua ialah pernyataan kembali, yang fungsinya meningkatkan kembali akan hal-hal yang sudah dibacanya. Sistem seperti ini sangat praktis, terutama kepada bagian selanjutnya. Sifat yang ketiga ialah hanya sebagai kata penutup. Fungsinya ialah memberitahukan pembaca bahwa karangan itu sudah berakhir.
E. Teknik Penulisan
Kemampuan menulis bisa dikembangkan dengan cara:
1. sering menulis berdasarkan kegunaan (purpose) spesifik atau audience spesifik.
2. memahami fakta bahwa “menulis” adalah “menengok kembali” atau memperdalam keahlian anda.
3. memperolah pengalaman editing yang akan bermanfaat tidak hanya untuk menulis akan tetapi secara keseluruhan akan bermanfaat untuk pengembangan kemampuan dan auditory atau absarvasi,
4. memublikasikan tulisan
F. Tujuan Pembelajaran Menulis
Keraf mengemukakan tujuan pengajaran keterampilan menulis sebagai berikut:
1. Peserta didik mampu memilih dan menata gagasan dengan penalaran yang logis dan sistematis.
2. Peserta didik mampu menuangkannya ke dalam bentuk-bentuk tuturan bahasa Indonesia sesuai dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.
3. Peserta didik mampu menuliskannya sesuai dengan Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan.
4. Peserta didik mampu memilih ragam bahasa Indonesia sesuai konteks komunikasi.

0 komentar:

Posting Komentar

harap mendaftar yaaaaa

Template by:

Free Blog Templates